5 Rekomendasi Novel Sendu Tapi Seru. Baca Yuk!

Source : CBC Hai Storiesreader! Gimana nih kabarnya? Setelah beberapa minggu blog ini lama tak berpenghuni, I'm back again !! Sesu...

Source : CBC
Hai Storiesreader! Gimana nih kabarnya? Setelah beberapa minggu blog ini lama tak berpenghuni, I'm back again!! Sesuai judulnya, aku ada rekomendasi novel yang mungkin cocok buat kamu yang sedang mencari buku bacaan di waktu senggang. Tidak cuma bikin kamu baper, buku-buku ini pasti bakalan bikin kamu terharu karena kisahnya. Yaa... kecuali kamu tidak punya hati sensitif. Btw, khusus untuk tulisan ini akan ada beberapa spoiler mengenai bukunya. So, buat kamu yang sama sekali belum baca tapi penasaran banget dan buat kamu yang sudah baca buku-buku ini yuk mari langsung baca 😃.

1.  Surat Kecil untuk Tuhan - Agnes Davonar

Source : Goodreads
Novel ini diangkat dari kisah nyata. Bercerita tentang seorang gadis yang akrab dipanggil Keke. Ia menderita penyakit kanker jaringan lunak. Di sini Keke bersama sang ayah berjuang melawan penyakit itu dengan berbagai macam cara. Dari pengobatan alternatif hingga kemo therapy pun mereka tempuh demi kesembuhan Keke.

Karena begitu terkenalnya kisah Keke ini, buku ini telah difilmkan pada tahun 2011 lalu yang dibintangi oleh Dinda Hauw dan Esa Sigit. Selain ceritanya yang mengharukan, ada satu puisi ciptaan Keke yang sangat menyentuh hati. Berikut penggalan puisinya
 
Surat Kecil Untuk Tuhan
....................
Tuhan….
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi,
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan
Kepada ayah dan teman-temanku
Tuhan….
Berikanlah aku kekuatan untuk Menjadi dewasa
Agar aku dapat memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku
Tuhan….
Surat kecilku ini
Adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali ..
ke dunia yang engkau berikan padaku

2.  You are The Apple of My Eye - Giddens Ko

Source : Goodreads
Novel ini ditulis berdasarkan kisah nyata dari penulisnya sendiri, Giddens Ko. Mengisahkan tentang seorang siswa nakal, Ke Jingteng dengan siswi pintar, Shen Jiayi di sebuah SMA di Taiwan. Yup, ini adalah novel terjemahan dari negeri seberang. Shen Jiayi selain murid yang pandai, ia adalah murid yang paling banyak disukai siswa laki-laki dan para guru. Berbanding terbalik dengan Ke Jingteng yang selalu membuat onar sehingga ia tidak disukai oleh guru-guru.

Awalnya hubungan mereka tidak berjalan mulus karena perbedaan yang mencolok itu. Namun hubungan mereka mulai dekat dan semakin akrab karena mereka sering menghabiskan waktu mengerjakan soal-soal pelajaran bersama. Kemudian perasaan cinta itu mulai tumbuh di hati Ke Jingteng. Akan tetapi ketika Ke Jingteng menyatakan cintanya, ia memilih untuk tidak mendengar jawaban Jiayi dengan alasan takut ditolak. Akhirnya mereka pun menjalani hubungan TTM alias teman tapi mesra. Jadi, Jiayi tahu perasaan Ke Jingteng, sedangkan Ke Jingteng tidak tahu perasaan Jiayi sama sekali.

Awalnya hubungan mereka terasa indah. Tapi sayang hubungan ini hanya berjalan sebentar. Gara-garanya Ke Jingteng terlibat dalam pertandingan dan Jiayi tidak menyukainya karena kekanak-kanakan. Mereka pun bertengkar dan setelah itu Ke Jingteng tidak berusaha mengejar cinta Jiayi lagi. Berselang lama, mereka pun menjalani kehidupannya masing-masing​ dan tentu saja memiliki pasangan sendiri-sendiri. 

Ada satu adegan yang bikin baper yaitu di saat kota tempat mereka tinggal terjadi gempa, Ke Jingteng dengan cepat meraih teleponnya untuk menelepon Jiayi. Yup, meskipun sudah memiliki seorang pacar, orang pertama yang diingatnya masih tetap gadis itu. Mereka bercakap panjang lebar. Seperti berikut ini
1. "Ingat tidak ketika kita membicarakan nilai ujian masuk universitas malam itu, kau bertanya padaku apakah aku ingin mendengarkan jawabanmu?" tanyaku.
"Tentu saja ingat, aku ingin mengatakannya, tapi kau tidak ingin mendengarkannya," ujarnya, terdengar sombong.
"Saat itu, aku tidak memiliki keberanian. Tapi sekarang sudah berbeda... aku ingin mendengarnya."
"Kau sudah kehilangan kesempatan baik."
Aku tersenyum.
"Saat itu, aku tidak mengerti mengapa kau tidak mau mendengarkan aku mengatakan aku menyukaimu dan ingin bersamamu? Kau memintaku untuk tidak mengatakannya, jadi aku sendiri juga tidak ingin mengatakannya."
 "...." Senyumku pun berubah menjadi senyum pahit.
2. "Tanpa benang merah dari dewa jodoh, memperjuangkan cinta rasanya sangat sulit dan perlu melalui banyak kejadian." Aku berharap dengan tulus, "Mungkin di dunia paralel yang lain, kita bisa bersama."
"...Aku sangat iri dengan mereka," 
Why both of you??? Gemes gak sih sama cerita mereka 😣😣​?!! Kisah Ke Jingteng dan Jiayi ini juga difilmkan dengan judul yang sama. Meskipun sudah nonton filmnya, rasanya gak bakalan sia-sia buat beli novelnya juga karena keduanya tidak benar-benar sama. So, it's good.

3.  A Monster Calls - Patrick Ness

Source : Amazon
Novel dengan genre fantasi ini juga difilmkan sama seperti novel-novel sebelumnya. Bercerita tentang seorang anak bernama Conor yang setiap malam selalu mendengar seseorang atau sesuatu memanggil-manggil namanya. Ia yakin bahwa itu hanya mimpi saja tapi lama kelamaan sesosok monster mendatanginya. Yup, suara itu berasal dari monster tersebut. Selain itu, Conor tinggal bersama ibunya yang menderita penyakit kanker dan mengharuskannya dirawat di rumah sakit. Ayahnya memiliki keluarga baru sehingga ia harus tinggal sementara bersama neneknya yang tidak pernah akur dengannya. Disamping itu, di sekolah Conor selalu dibully oleh beberapa temannya. 

Saat malam setiap monster tersebut datang, monster itu selalu menceritakan dongeng-dongeng kepada Conor yang dapat dijadikan pelajaran untuknya. Kisah-kisah tersebut pun seakan menjawab semua kegelisahan, keraguan, dan semua masalah yang dimiliki oleh Conor. Bagian yang paling mengharukan dalam novel ini salah satunya adalah percakapan yang terjadi antara ibunya dengan Conor di rumah sakit berikut ini
I wish I had a hundred years, she said very quietly. A hundred years I could give to you. (Aku harap aku memiliki seratus tahun, katanya pelan sekali. Seratus tahun yang dapat kuberikan padamu.)
Juga ketika pada akhirnya Conor merelakannya pergi
Conor held thightly onto his mother and by doing so he could finally let her go. (Conor memegang erat tangan ibunya dan bersamaan dengan itu Ia pun akhirnya dapat merelakannya pergi.)
And, I still drown in tears when I write this.

4.  Dilan 1991 - Pidi Baiq

Source : Goodreads
Cerita tentang percintaan dua sejoli di SMA memang tidak pernah ada habisnya. Menyambung dengan buku sebelumnya yaitu 'Dilan 1990', yang menceritakan tentang pendekatan Dilan ke Milea yang berakhir manis. Di buku kedua ini diceritakan bagaimana hubungan Dilan-Milea berlangsung. Ada romantisnya, marahnya, cemburunya, berantemnya, lengkap jadi satu. Layaknya sebuah hubungan pada umumnya. 

Langsung saja, bagian yang paling bikin baper dari buku ini yaitu ketika Milea dan Dilan putus dan teryata Dilan langsung memiliki pengganti Milea. Hal ini sangat berpengaruh kepada Milea karena sebenarnya ia masih sangat sayang dengan pacarnya itu. Seperti ada sebuah penyesalan di benaknya.  Karena ketika Milea meminta putus, sebenarnya ia tidak bersungguh-sungguh (namanya juga cewek, kan?). Tetapi, Dilan malah menganggapnya lain.

Gaya bahasa Milea dalam mencurahkan perasaannya dengan jujur di novel ini, pasti mampu membuatmu ikutan simpati dan baper, kan? Termasuk diriku hahaha. Seperti 'kenapa sih kalian harus putus? kenapa kamu gak minta balik saja ke Milea, Dilan?' Mungkin kurang lebihnya seperti itu. 

Bagian paling menohok dari buku ini adalah di part ketika Milea merasa kosong tanpa kehadiran Dilan, pertemuannya kembali setelah bertahun-tahun dengan Dilan, dan ketika Milea berusaha mengejar Dilan di stasiun kereta. Bagian tersebut pun masih menyisakan tanya. KENAPA??!

5.  Milea Suara dari Dilan - Pidi Baiq

Source : Togamas

Buku kelanjutan dari dua buku sebelumnya ini diambil dari sudut pandang Dilan yang sekaligus menjawab segala pertanyaan yang belum sempat terjawab olehnya. Di buku ini, dirinya mengaku tidak pandai mengutarakan perasaannya sebebas Milea. Tapi ia berusaha semampunya. Di sini, Dilan bercerita banyak mengenai dirinya dan alasan kenapa dirinya tidak berusaha mengejar Milea Adnan Husein. Semua itu diungkap secara lengkap di sini.

Bagian yang bikin baper menurutku saat fakta baru terungkap. Setelah putus, Milea pernah melihat Dilan bersama perempuan lain dan menganggapnya sebagai pacar Dilan. Sedangkan Dilan menganggap Milea sudah punya pacar baru dengan cowok yang terlihat dekat dengannya. Faktanya apa coba? Ternyata selama ini mereka hanya salah paham. Ternyata perempuan yang bersama Dilan waktu itu adalah saudaranya dan juga Milea tidak pernah pacaran dengan cowok itu. Fakta ini terungkap saat mereka melakukan percakapan lewat telepon. Mendengar bahwa selama ini mereka salah paham, Dilan pun merasa bersalah karena telah menuduh Milea yang tidak-tidak dan tega membuatnya menunggu. Bahwa ternyata selama ini mereka saling berharap tapi tergugu dengan kesalah pahaman mereka sendiri.  WHY DILAN, WHY?? 


Nah itu dia lima rekomendasi novel sendu versiku. Mungkin tidak semua diantara kamu bakalan sendu atau pun terharu karena membaca novel-novel ini. Jadi, share yuk bagaimana novel sendu versimu?! Happy Blogging, storiesreader! 😄😄

You Might Also Like

0 komentar